Singapore Chili Crab a la saya !

Memasak memang sudah menjadi salah satu hobi saya, apalagi karena saya paling senang menonton acara masak memasak melalui channel yang terdapat di TV Kabel, seperti Discovery Travel and Living atau Asian Food Channel. Sudah beberapa kali pula saya menguji masakan hasil olahan sendiri, mengikuti resep gratisan yang saya buru dari internet. Ada yang berhasil, ada yang gagal. Tapi saya senang! Setidaknya pengalaman untuk tahu teknik yang tepat mengolah suatu masakan hasil eksperimen dan kenekatan sendiri, saya alami.

Minggu ini adalah minggu dimana saya sangat penasaran dengan masakan Singapore Chili Crab. Saya sangan suka kepiting. Sekalipun kebanyakan orang justru bilang kepiting itu ribet makannya, justru buat saya kepuasan ada ketika kita berhasil mencungkil bagian-bagian daging dari cangkang kerasnya. Apalagi jika kepiting itu dimasak dengan bumbu olahan yang tepat. Dijamin ketagihan !

Nah, Singapore Chili Crab (atau kalau dalam bentuk masakan lokalnya hampir mirip Kepiting Saus Padang), adalah olahan kepiting kegemaran saya. Capek karena harus mengeluarkan kocek banyak, belum lagi kemacetan yang harus dilalui jika ingin menyantap seporsi kepiting khas negeri Singapura ini, saya penasaran untuk mencobanya sendiri. Riset punya riset, akhirnya saya menemukan satu resep yang bahannya pun tidak rumit, dan cara memasaknya tidak perlu terlalu banyak iris ini itu.

Maka, dihari Sabtu yang cerah ini, pergilah saya berbelanja kepiting telur di hipermarket dekat rumah. Sayang memang kepitingnya kurus-kurus gara-gara stress tinggal di Jakarta. Tapi sebagai debut pertama saya dalam mengolah Kepiting, tak apalah dapat kepiting langsing ! Hehehe..

Ini sekedar resep yang saya modifikasi sendiri agar lebih praktis :

Bahan :

4 ekor kepiting telur

2 buah bawang bombay, cincang kasar

4 buah cabe rawit merah, iris

1 keping terasi kecil (bisa dibeli dalam bentuk sachet di supermarket)

1 botol saus Asam Pedas, atau saus tomat dan sambal

4 sdm gula

2 sdt garam

1 butir telur

air

Cara Memasak :

1.  Bersihkan kepiting, dan rebus selama 10 menit atau hingga cangkang berwarna merah, sisihkan

2. Blender halus bawang bombay cincang dan cabe rawit, sisihkan

3. Panaskan minyak

4. Tumis bumbu halus hingga air-nya terserap

5. Tambahkan terasi, aduk rata

6. Masukkan 1/2 – 1 botol saus Asam Pedas (tergantung tingkat  kepedasan yang disuka), aduk merata.

7. Tambahkan gula, garam, dan air. Aduk hingga mendidih

8. Masukkan kepiting, aduk lagi selama beberapa menit.

9. Masukkan telur, dan aduk hingga kuah mengental.

10. Kepiting telah matang dan siap untuk dinikmati.

Dan setelah dicoba, yah rasanya tidak kalah dengan rasa kepiting restoran! Untuk membuatnya sempurna, santap kepiting dengan roti mantau goreng. Pasti ketagihan !

Selamat Mencoba !

Leave a Reply

