Jadi Mahasiswi Lagi !

Ternyata yang mau S2 banyak banget ! Haha. Kirain kalau judulnya kelas Magister akan jauh lebih sedikit dibandingkan Sarjana Reguler. Ternyata, ya banyak juga ya. Oh, btw, saat ini saya sedang duduk di antrian calon mahasiswa yang akan kuliah lagi di Universitas Indonesia! Yes, gw jadi mahasiswa lagi ! Hahaha..

Tadinya belum terbersit di benak saya kalau saya akan melanjutkan S2 sekarang ini. Yah, memang sudah 3 tahun juga sih saya lulus dari Ilmu Politik FISIP UI. Teman saya yang baru lulus ada yang langsung melanjutkan S2, bahkan sambil bekerja. Dan itulah sebelumnya. Pikiran S2 masih jauh dari benak saya. Kalaupun iya, saya punya mimpi untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Apalagi, kelanjutan studi politik Cina dari S1, tidak ada kejelasan disini.

Kemudian, suatu hari saat saya baru pulang dari tugas lapangan, saya terbersit bahwa saya harus S2 sekarang ! Entah mungkin saya kejedot pintu keluar pesawat yang bikin otak saya jadi jungkir balik, tapi ketika itu saya bilang pada diri saya bahwa saya harus kembali ke bangku kuliah. Dan itu, dalam kondisi saya tidak tahu kuliah lanjutan apa yang ingin saya ambil !

Setiba di kantor, saya lalu iseng browsing ke situs UI. Apa kira2 yang menarik untuk dipelajari. Saat itu, saya masih berpikir bahwa saya ingin mengambil studi yang masih agak menyerempet konsentrasi studi S1 saya dulu yaitu Politik Cina. Namun, apa mau dikata. Studi Cina hanya ada 2 pilihan : Sejarah Cina atau Linguistik Cina ! Hm, bukan pilihan yang membuat saya tergugah.

Sampai kemudian, saya masuk ke web Kajian Ketahanan Nasional dengan salah satu studi yang agak aneh dalam penglihatan saya : STRATEJIK INTELIJEN. Widih ! Biasanya yang namanya studi intelijen itu hanya dikeluarkan oleh Badan Intelijen Negara. Tapi sekarang, PTN sudah membuka kelas ini. Wow ! Ini barangkali yang menarik dipelajari.

Ketika saya melihat studi unik tersebut, saya baru saja selesai membaca biografi Mei Hong Xu, seorang perempuan dari elit intelijen pertama Tentara Pembela Rakyat Cina. Ceritanya memang menjadi tipikal biografi dari daratan Cina, dimana awalnya individu-individu terjebak dengan ilusi nasionalisme. Namun ketika zaman bergerak maju, dan teknologi tak bisa lagi membendung informasi mengenai apa yang terjadi di belahan dunia lainnya, Mei Hong Xu kemudian merasa ada yang salah dengan sistem politik negaranya.

Well, Mei Hong Xu bukanlah tokoh inspiratif Indonesia. Tapi sepenggal ceritanya cukup menginspirasi saya untuk tahu apa sebetulnya intelijen. Apakah memang ia seseram yang sering di bayangkan orang ? Apakah ia mendapat perhatian khusus karena prestige yang dibawanya ? Tidak tahu dan tidak peduli juga. Yang jelas.n saya penasaran dengan bidang ilmu ini.

Maka inilah saya hari ini. Bersedia mengantri berjam-jam hanya untuk mengambil gelar magister stratejik intelijen. Mudah2an dalam proses kuliah, saya bisa lulus dengan baik !

1 Comment (+add yours?)

  1. Donald
    Apr 03, 2013 @ 14:50:23

    lulusannya jadi apa ya kira-kira?

    Reply

Leave a Reply

